BLANTERVIO103

Apa Itu NFT: Website Untuk Jual NFT dan Keuntungannya

Apa Itu NFT: Website Untuk Jual NFT dan Keuntungannya

Apa Itu NFT: Website Untuk Jual NFT dan Keuntungannya - Non Fungible Token (NFT) adalah jenis token yang berdar di jaringan blockchain. Fungsi NFT sendiri yaitu sebagai bukti kepemilikan suatu karya seni yang terverifikasi dalam jaringan blockchain. Dapat dikatakan bahwa NFT adalah token koleksi berbasis digital dari karya seni seorang seniman yang diperdagangkan di jaringan blockchain. 

Untuk mengakses berbagai fitur di NFT, kita harus menggunakan aplikasi terdesentralisasi (DApps), bisa menggunakan Trustwallet, Metamask, MathWallet, atau aplikasi Safepal untuk dapat melakukan pembelian atau penjualan koleksi digital unik ini. Meskipun NFT dapat diperdagangkan di market, perlu diketahui bahwa nilai kelangkaan, keunikan maupun harga NFT berbeda dengan lainnya. Jadi kalau kalian memiliki NFT yang di buat oleh platform yang terverifikasi seperti Binance, Pancakeswap, Bakeryswap, dll., NFT tersebut bisa saja memiliki harga yang tinggi.

Pengalaman saya sendiri pernah mendapatkan NFT dari event Halloween Binance di tahun 2020, lalu saya memperdagangkan NFT tersebut di Supermarket Bakery. Saya mendapatkan 5000 BakeToken atau senilai Rp. 23.000.000 saat itu. Fantastis bukan?

Banyak jaringan blockchain yang mendukung dalam perdagangan NFT, ada jaringan BSC, Stellar, Ethereum, dll., tapi yang paling populer dan digandrungi adalah jaringan BSC dan Ethereum. Kalau kita bandingkan antara BSC dan Ethereum, tentunya perdagangan NFT paling ramai berada di jaringan BSC karena fee yang rendah.

Website Untuk Jual NFT

Keuntungan NFT Bagi Penjual dan Pembeli

Untuk pembeli, NFT berguna sebagai sertifikat kepemilikan yang aman atas objek digital, melindungi nilai barang. Kita ketahui bahwa Internet memudahkan untuk menduplikasi dan memalsukan sesuatu, dengan blockchain hal tersebut akan dapat terminimalisir karena adanya teknologi ini.

Untuk penjual, NFT tidak hanya memungkinkan untuk melakukan penjualan di hari itu saja, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan dikemudian hari. Seniman khususnya secara historis berjuang untuk mendapat penghargaan jika karya mereka dihargai dan bernilai. Pengkode-an dalam NFT memungkinkan pembuat mengumpulkan uang setiap kali NFT diperdagangkan. Kemampuan untuk mendapatkan pendapatan berulang menarik beberapa influencer yang ingin memperluas potensi penghasilan dan ketenaran mereka. Misalnya, bintang YouTube Logan Paul menjual NFT miliknya senilai $5 juta atau sekitar Rp. 72 miliar.

Gambar NFT Logan Paul.

Kesimpulan yang penulis dapatkan yaitu, NFT memiliki potensi untuk menjadi salah satu komponen dari ekonomi digital baru yang didukung oleh blockchain. Hal tersebut dikarenakan NFT dapat digunakan di berbagai bidang, seperti video game, identitas digital, lisensi, sertifikat, seni rupa dan bahkan memungkinkan kepemilikan pecahan barang. Menyimpan data kepemilikan dan identifikasi di blockchain akan meningkatkan integritas dan privasi data, sementara transfer dan pengelolaan aset yang mudah dan tidak dapat dipercaya dapat mengurangi gesekan dalam perdagangan dan ekonomi global.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Komentar dengan baik atau sopan ya guys! Anda sopan Kami segan :)

Emoticon
2486102166068473182