BLANTERVIO103

Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar

Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar

Crow and Crow minat pada hakikatnya merupakan sebab akibat dari pengalaman. Minat berkembang sebagai hasil daripada suatu kegiatan dan akan menjadi sebab akan dipakai lagi dalam kegiatan yang sama.[1] Adapun faktor-faktor tersebut, yaitu:

1. The Factor Inner Urge

Rangsangan yang datang dari lingkungan atau ruang lingkup yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan seseorang akan mudah menimbulkan minat. Misalnya kecenderungan terhadap belajar dalam hal seseorang memiliki hasrat ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan.

2. The Factor of Social Motive

Minat seseorang terhadap objek atau sesuatu hal dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri manusia dan motif sosial. Contoh: seorang berminat pada prestasi tinggi agar dapat status sosial yang tingi pula.

3. Emosional Factor

Faktor perasaan dan emosi mempunyai pengaruh terhadap objek misalnya perjalanan sukses dipakai individu dalam suatu kegiatan tertentu dapat pula membangkitkan perasaan senang dan dapat menambah semangat atau kuatnya minat dalam kegiatan tersebut. Sebaliknya, kegagalan yang dialami akan menyebabkan minat seseorang berkembang.


[1] Khairani, M, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta:Aswaja Pressindo, 2015), h. 190

 

TAMBAHKAN KOMENTAR

Komentar dengan baik atau sopan ya guys! Anda sopan Kami segan :)

Emoticon
2486102166068473182