BLANTERVIO103

Faktor Yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Siswa

Faktor Yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Siswa

Hasil belajar setiap individu dipengaruhi oleh proses belajar siswa. Muhibbin Syah menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi belajar siswa, yaitu faktor internal, eksternal, dan pendekatan belajar.[1] Adapun penjelasan mengenai ketiga faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa, yaitu sebagai berikut.

1.Faktor Dari Dalam

Yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi belajar yang berasal dari siswa belajar. Faktor dari dalam (internal) meliputi dua aspek, yakni fisiologis dan psikologis.

  • Fisiologis, faktor ini meliputi kondisi jasmaniah secara umum dan kondisi panca indera.
  • Kondisi psikologis, faktor ini meliputi kecerdasan, bakat, minat, motivasi, emosi, dan kemampuan kognitif.

2. Faktor Dari Luar

Yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar siswa yang mempengaruhi proses dan hasil belajar. Faktor-faktor ini meliputi lingkungan sosial dan lingkungan non sosial.

  • Lingkungan sosial yang dimaksud adalah manusia atau sesama manusia, baik manusia itu ada (kehadirannya) ataupun tidak langsung hadir. Dalam lingkungan sosial yang mempngaruhi belajar siswa ini dapat dibedakan menjadi tiga yaitu rumah, sekolah, dan masyarakat.
  • Lingkungan non sosial meliputi keadaan udara, waktu belajar, cuaca, lokasi gedung sekolah, dan alat-alat pembelajaran.

3. Faktor Pendekatan Belajar (Approach to Learning)

Yaitu jenis upaya belajar yang meliputi strategi, model dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran meteri-materi pelajaran. 


Dengan demikian guru harus memperhatikan perbedaan individu dalam memberikan pelajaran kepada mereka, supaya dapat menangani siswa sesuai dengan kondisinya untuk menunjang keberhasilan belajar. Hal tersebut dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik, satu dengan yang lainnya berbeda

[1] Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), 135

TAMBAHKAN KOMENTAR

Komentar dengan baik atau sopan ya guys! Anda sopan Kami segan :)

Emoticon
2486102166068473182