5 Tahapan Patobiologi Mukositis Oral Menurut Tomlinson Dan Kline

 
Terdapat 5 Tahapan Patobiologi Mukositis Oral Menurut Tomlinson Dan Kline, yaitu:

1. Tahap inisiasi

Radiasi dan/atau kemoterapi menyebabkan kerusakan DNA langsung, merangsang pembentukan reactive oxygen species (ROS) yang merusak jaringan ikat dan membran sel, dan merangsang makrofag, yang menyebabkan pemicu sebuah kaskade mekanisme biologis dan molekul jalur ceramide.

2. Upregulation dan pembuatan pesan

Jalur ceramide memberi sinyal pada sel untuk memasuki apoptosismengarah ke proses biologis yang menghasilkan cedera mukosa. Peningkatan regulasi gen karena aktivasi faktor transkripsiterapi dan radiasi yang diinduksi menghasilkan produksi sitokin inflamasi progestogen; TNF-a, IL-1 b, dan IL-6. Peningkatan kadar protein ini telah ditemukan di mukosa dan keberadaannya kemungkinan akan menstimulasi kerusakan dini pada jaringan mukosa mulut.

3. Pensinyalan dan amplifikasi

Sitokin yang tidak diatur tidak hanya terus merusak jaringan, tetapi juga memberikan umpan balik positif untuk memperkuat kerusakan utama yang ditiru oleh kemoterapi atau terapi radiasi.

4. Ulserasi

Hilangnya integritas mukosa menghasilkan lesi yang menyakitkan yang rentan terhadap kolonisasi bakteri superfisial. Infeksi mukosa mengaktifkan sel mononuklear infiltrasi untuk memproduksi dan melepaskan sitokin proinflamatory.

5. Kesembuhan

Pada umumnya mukositis bisa sembuh sendiri setelah terapi kanker berakhir. Sinyal dari matriks ekstraseluler submukosa mengatur laju migrasi sel epitel.