Menurut Nurhadi, IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki beberapa 5 karakteristik. Adapun penjelasan terkait karakteristik mata pelajaran IPS yaitu sebagai berikut :

1. IPS merupakan gabungan dari unsur – unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum, politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan, dan agama.

2. Standar kompetensi dan kompetensi dasar berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi, yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau topik (tema) tertentu.

3. Standar kompetensi dan kompetensi dasar juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.

4. Standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial, serta upaya – upaya perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan, dan jaminan keamanan.

5. Standar kompetensi dan kompetensi dasar IPS menggunakan tiga dimensi dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan manusia secara keseluruhan.

Dengan demikian IPS merupakan ilmu yang mempelajari berbagai ilmu sosial yang nantinya bermanfaat untuk anak didik sebagai acuan dalam mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.