BLANTERVIO103

Langkah-langkah Model Pembelajaran Team Game Tournament

Langkah-langkah Model Pembelajaran Team Game Tournament

Taniredja (2012) menyatakan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) mengikuti urutan sebagai berikut: pengaturan klasikal, belajar kelompok, turnamen akademik, dan penghargaan tim.

1) Pengaturan Klasikal 

Pembelajaran diawali dengan memberikan pelajaran, selanjutnya diumumkan kepada semua peserta didik bahwa akan melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan peserta didik diminta memindahkan bangku untuk membentuk meja tim.

2) Belajar Kelompok 

Peserta didik diberi informasi bahwa mereka akan bekerja sama dengan kelompok belajar selama beberapa pertemuan, mengikuti turnamen akademik untuk memperoleh poin untuk skor tim mereka serta diberitahukan tim yang mendapat nilai tinggi akan mendapat penghargaan.

3) Turnamen Akademik 

Kegiatan dalam turnamen adalah persaingan pada meja turnamen dari 3-4 peserta didik dari tim yang berbeda dengan kemampuan setara. Pada permulaan turnamen diumumkan penetapan meja bagi peserta didik. Peserta didik diminta mengatur meja turnamen yang ditetapkan. Nomor meja turnamen bisa diacak. Setelah kelengkapan dibagikan dapat dimulai kegiatan turnamen.

4) Penghargaan Tim 

Pada akhir putaran pemenang mendapat satu kartu bernomor, penantang yang kalah mengembalikan perolehan kartunya bila sudah ada namun jika pembaca kalah tidak diberikan hukuman. Penyekoran didasarkan pada jumlah perolehan kartu, misalkan pada meja turnamen terdiri dari 3 peserta didik yang tidak seri, peraih nilai tertinggi mendapat skor 60, kedua 40, dan ketiga 20. Masing-masing perwakilan kelompok kembali ke kelompok masing-masing untuk menghitung skor yang diperoleh. Kelompok yang memiliki skor terbanyak diberikan penghargaan berupa medali dan diumumkan sebagai kelompok super, sangat baik, dan baik.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Komentar dengan baik atau sopan ya guys! Anda sopan Kami segan :)

Emoticon
2486102166068473182